Sabtu, 28 Mei 2011

Tips Strategi Bisnis

Berbicara mengenai strategi di dalam bisnis berarti kita berbicara mengenai bagaimana cara kita dalam berkompetisi atau tempat dimana kita berkompetisi. Jika strategi bisnis yang kita maksud adalah berbicara mengenai bagaimana cara kita dalam berkompetisi dengan kompetitor, maka ada tiga hal penting yang tidak boleh dilupakan, yaitu melakukan sesuatu yang berbeda dengan kompetitor, melakukan sesuatu yang tidak mudah untuk dijiplak, dan memiliki keunggulan kompetitif. 

Ketiga hal tersebut memang merupakan hal yang tidak boleh diabaikan. Berikut beberapa penjelasan singkat mengenai ketiga hal tersebut :

#1 Melakukan sesuatu yang berbeda dengan kompetitor
Ketika kita menjual suatu produk atau jasa, usahakan kita selalu menawarkan hal yang berbeda dengan kompetitor. Misalnya ketika kita menawarkan jasa perhotelan kepada calon klien, salah satu yang harus kita tekankan adalah perbedaan yang kita miliki dengan kompetitor lainnya, misalnya paket sarapan yang lebih lengkap, seperti jika kompetitor kita tidak menyediakan makanan pembuka gratis, kita menyediakannya.

Nah, melakukan atau memikirkan suatu hal yang berbeda merupakan strategi bisnis yang ampuh untuk mendapatkan keuntungan. Mungkin kita lihat, banyaknya hotel yang ada, tapi apa yang membuat tertarik calon konsumen yang ada? Yaitu perbedaan yang dimiliki oleh hotel tersebut. Nah, soal perbedaan, kita bisa mengambil contoh tentang salah satu hotel di Hawaii, yang memiliki fasilitas yang menarik dan berbeda dari kebanyakan hotel, yaitu berenang bersama dengan lumba-lumba..wow, suatu hal yang berbeda dengan yang lainnya bukan? Tetapi hal berbeda tersebut memang adalah salah satu strategi utama yang harus dipikirkan oleh perusahaan yang menghasilkan produk atau jasa apapun untuk menghasilkan keuntungan dan nilai lebih dibandingkan dengan kompetitor.

#2 Melakukan sesuatu yang tidak mudah untuk dijiplak
Selain berbeda, ada hal lain yang perlu diperhatikan adalah hal tersebut tidak mudah dijiplak. Misalnya saja kita menyediakan kamar tidur di hotel dengan double bed, ya bisa saja hotel lain yang merupakan kompetitor menyediakan double bed juga, namun misalnya jika kita sanggup membuat hal yang tidak mudah dijiplak, seperti misalnya double bed dengan isi air, nah mungkin hal tersebut merupakan hal yang berbeda dan tidak mudah untuk dijiplak. 

Kita telah mengetahui di dalam menjalankan strategi bisnis, kita memang harus mempunyai perbedaan dengan kompetitor. Tapi selain itu, membuat sesuatu yang unik dan tidak mudah dijiplak juga harus merupakan hal yang dilakukan dalam menyusun strategi bisnis perusahaan, karena keunikan dan hal yang tidak mudah dijiplak tersebutlah yang menjadi strength point perusahaan tersebut. Karena jika kita menghasilkan sesuatu yang sama dengan lainnya, apakah bedanya dengan perusahaan yang lain? Sesuatu hal yang tidak mudah dijiplak merupakan hal yang memperkuat reputasi dari perusahaan.

#3 Memiliki keunggulan kompetitif
Biasanya, suatu perusahaan akan dikatakan memiliki keunggulan kompetitif jika perusahaan tersebut mempunyai apa yang tidak dimiliki competitor, melakukan sesuatu yang lebih baik daripada perusahaan lain dan juga apabila perusahaan tersebut melakukan suatu hal yang tidak dimiliki perusahaan lain.

Nah, contoh dari keunggulan kompetitif yang bisa kita lihat adalah dari The Michael Resorts di Gunung Salak Endah yang memiliki keunggulan berupa tanaman langka yang menarik, dan juga Kehala Hotel di Hawaii, yang memiliki tempat khusus untuk berenang bersama dengan lumba-lumba, apalagi dengan adanya seekor lumba-lumba disana yang bernama Nainoa, yang memiliki keunikan tersendiri dibanding lumba-lumba lainnya.
Jadi, di dalam menyusun strategi di dalam bisnis, ada 3 hal yang tidak boleh dilupakan perusahaan, yaitu harus menonjolkan perbedaan yang tidak dimiliki kompetitor, mempunyai hal yang tidak mudah dijiplak, dan juga memiliki keunggulan kompetitif. Ketiga hal tersebut adalah hal yang harus diperhatikan di dalam menjalankan strategi di suatu perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar