Sabtu, 21 Mei 2011

Pemenang Di Kantor

Kemajuan karir seseorang di kantor tidak hanya ditentukan dari seberapa hebat keterampilannya. Nyatanya, orang dengan kemampuan yang standar juga bisa sukses dalam berkarir selama ia mengenal dengan baik karakter dirinya.

Dikutip dari Redbookmag, ada dua buku saling berbeda pandangan, yang membahas bagaimana seharusnya Anda bersikap untuk sukses dalam karir. Menurut buku 'Nice Girls Just Don't Get It', wanita di kantor semestinya tegas. Tapi dalam buku 'The Power of Nice', perilaku manislah yang dapat meningkatkan karir.

Tidak perduli karakter Anda tegas atau lembut, kesempatan untuk mendapat promosi jabatan atau tampil cemerlang saat presentasi sama besarnya. Bagaimana caranya?

#1 Membuat Kesan Pertama
Tipe Lembut: Ramah dan lembut merupakan kunci utama agar disenangi oleh banyak orang. Bersikap manis yang diselingi dengan pujian membuat orang-orang di sekitar Anda merasa nyaman.

"Untuk membangun hubungan pertemanan, hal pertama yang perlu diingat adalah memberikan pujian, seperti 'Aku suka dengan antingmu' atau personal comment seperti, 'Apakah yang ada difoto itu adikmu?', jelas Robin Koval, penulis 'The Power of Nice'.

Tipe Tegas:
Penulis 'Nice Girls Just Don't Get It', Lois Frankel, Ph.D dan Carol Frohlinger, Esq, menyarankan untuk tidak terlalu banyak berbasa-basi ketika bertemu dengan klien kerja yang baru saja dikenal. Setelah sedikit berbincang, lalu langsung masuk ke pokok tujuan.

#2 Mencuri Perhatian Saat Meeting
Tipe Lembut: Ketika meeting, sampaikan pendapat dengan manis, meskipun Anda memiliki bantahan. "Anda dapat mengatakan, 'Saya suka ide Anda, tapi ini ada cara untuk membuatnya lebih baik'. Cara ini menunjukkan Anda menghormati rekan kerja," jelas Robin.

Tipe Tegas:
Saat meeting, Lois menjelaskan seharusnya wanita bisa mengambil peran dengan memberikan ide-ide segar. Selain itu wanita juga harus mampu memberikan keputusan.
"Saat meeting seharusnya wanita bisa menuangkan ide-idenya dan tidak boleh melewatkan kesempatan yang ada," saran Lois.

#3 Agar Mendapatkan Promosi
Tipe Lembut: Tidak hanya bekerja keras, membina hubungan baik dengan atasan juga perlu ditingkatkan. Penelitian menunjukkan promosi kenaikan jabatan bisa berjalan mulus jika Anda dan atasan memiliki hubungan personal yang baik.

Tipe Tegas:
Bagi mereka dengan tipe tegas, kehidupan pribadi tidak perlu diketahui lebih dalam oleh atasan mau pun rekan kerja. Performa yang baik dan ditunjang dengan prestasi-prestasi dengan gencar ditunjukkan oleh karyawan tipe ini.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar