Sabtu, 14 Mei 2011

Karyawan Level Satu


Sekali lagi postingan tentang karyawan, maaf bila mungkin pembaca merasa jenuh dengan bahasan ini namun dunia kerja memang tidak bisa lepas dari peranan si pelaku langsung suatu pekerjaan ini. Seorang pengusaha sukses tidak akan disebut orang sebagai seorang yang sukses tanpa dukungan sumber daya yang bernama karyawan. Kita sepakat bahwa dimanapun tempatnya sebenarnya tidak ada istilah karyawan sukses.

Seringkali kita mendengar dan melihat fenomena pengusaha sukses namun sangat langka sepertinya ada istilah yang menyebutkan seorang karyawan sukses. Saya sendiri pun bingung mendefinisikan hal tersebut dengan dasar apa penilaian atas karyawan sukses. Namun demikian ada baiknya bila anda perhatikan dan simak beberapa karakteristik berikut yang mungkin bisa dijadikan tolok ukur sebenarnya untuk upaya introspeksi diri. Berikut liputannya.

Karakteristik pertama: Jika anda bekerja maka perusahaan merasa diuntungkan dan bila anda tidak ada perusahaan merasa kehilangan, bahkan bisa merugi. Ciri-ciri karyawan tipe ini:
1.         Selalu punya insiatif tindakan untuk mendukung bidang pekerjaannya.
2.         Selalu berpikir global dan melaksanakan sesuai dengan kewenangannya.
3.         Selalu belajar dan meningkatkan kualitas diri untuk mendukung kinerja.
4.         Memberikan ide-ide dan pemikiran-pemikiran baru dan segar.

Jika anda tipe karyawan seperti ini, anda akan sukses di bidang pekerjaan anda. jika anda tidak cocok dengan bidang pekerjaan yang digeluti sekarang ini, segera diterima ditempat lain anda tetap akan sukses dibidang pekerjaan yang lain.

Karakteristik kedua: Jika anda bekerja maka perusahaan senang dan diuntungkan; namun bila anda tidak ada maka perusahaan biasa saja dan tidak dirugikan sama sekali. Ciri-ciri karyawan tipe ini:
1.         Menyelesaikan pekerjaannya dengan baik dan tepat waktu.
2.         Mau melakukan pekerjaan yang lain apabila diperintah oleh atasannya.

Jika anda pada tipe ini, anda akan aman di perusahaan tempat anda bekerja. Bahkan jika ada kesempatan anda mungkin akan dipromosikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Karakteristik ketiga: Jika anda bekerja perusahaan sepertinya biasa saja dan jika anda tidak adapun perusahaan seakan biasa saja tidak untung tidak rugi. Ciri-ciri karyawan tipe ini:
1.         Tipe ini adalah karyawan text book.
2.         Tipe ini juga tipe Yes Sir!
3.         Mentality-nya tidak mau berubah menjadi lebih baik.

Jika anda pada tipe ini anda tidak akan mempunyai prestasi khusus. Anda juga akan sulit sekali mendapat promosi jabatan kecuali diperusahaan anda memang tidak ada orang lain lagi. Sebaiknya anda segera menggali potensi dalam diri anda.

Karakteristik keempat: Jika anda bekerja perusahaan terkesan biasa saja, tidak terlalu diuntungkan dan tidak juga merugikan namun bila anda tidak ada maka perusahaan malah akan senang dan diuntungkan. Ciri-ciri karyawan tipe ini:
1.         Sering ceroboh melakukan pekerjaannya.
2.         Sering lalai dalam menjalankan tugas-tugas.
3.         Sering ijin tidak masuk karena berbagai keperluan.
4.         Sering meremehkan hal-hal kecil.

Jika anda tipe ini, sangat disayangkan anda sama sekali tidak punya kesempatan untuk menaikkan jenjang karier apabila anda tidak cepat merubah diri.

Karakteristik kelima: Jika anda bekerja maka perusahan sepertinya dirugikan, bilamana anda tidak ada dipastikan perusahaan akan merasa senang dan diuntungkan. Ciri-ciri karyawan tipe ini:
1.         Karyawan akan selalu mengeluh dalam segala hal.
2.         Tidak ada tanggung jawab terhadap pekerjaannya.
3.         Selalu menganggap remeh atasannya.
4.         Selalu bermasalah dengan rekan karyawan yang lain maupun dengan atasannya.

Jika anda tipe karyawan seperti ini, sebaiknya segera instropeksi diri. Sebab gerbang kesuksesan sangat menjauh dari anda. Saat ini perusahaan tempat anda bekerja sedang bersiap-siap untuk memecat anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar