Selasa, 17 Mei 2011

Jago Negosiasi

Salah satu hal yang penting dalam bisnis adalah negosiasi. Bagaimana kita mendapatkan apa yang kita mau dengan seminim mungkin pengorbanan yang kita berikan. Negosiasi bisa juga diartikan tawar menawar. Ini ada sedikit tips yang selalu saya pergunakan saat negosiasi. Hasilnya, alhamdulillah saya mampu mendapatkan banyak hal yang saya mau. Tapi karena prinsip saya selalu win win solution jadi saya gak terlalu menekan angka pengeluaran. Bagi saya yang penting dua-duanya senang

Dan saya harap setelah anda mengetahui jurus negosiasi ini, saya harap anda melakukannya untuk hal-hal yang baik. Saya akan sangat sedih jika kemampuan ini anda pergunakan untuk menipu orang lain.

Inilah jurus2 negosiasi ala Lutvi Avandi. Saya mendapatkannya dari berbagai buku dan seminar marketing. Dan ini beberapa yang sering saya pakai:

1. You are my King
Ada satu kebutuhan pokok semua orang. Mereka ingin dihormati, dan diorangkan. Mereka haus akan pujian dan kebanggaan. Semiskin apapun mereka, mereka ingin diperlakukan bak raja. Maka, jurus pertama untuk negosiasi dengan siapapun bahkan dengan tukang becak adalah, You are my King.

Hormati dia, berikan respek anda secara tulus padanya. Kata-kata seperti, “Wah, anda rajin sekali ya?” atau “Halo Bos, makin sukses aja nih kelihatannya”. Atau bisa juga,”Wah bapak ini layak jadi suami teladan, walaupun narik becak, tapi tetap semangat”. Tapi ingat, anda harus lihat situasi. Cari yang benar2 keunggulannya. Jangan kelemahannya yang kemudian dibalik jadi pujian, itu justru akan dianggap penghinaan.

Misalnya ada orang bajunya kotor, jangan dibilang, “Wah baju anda keren sekali, habis nyuci dimana tuh?” Jadi tetap lihat situasi dan kondisi. Cari apapun yang bisa dipuji.

2. You are the Winner
Aturan kedua, semua orang selalu ingin menang. Bahkan seorang pemenangpun masih mencari orang2 yang lebih hebat darinya untuk dikalahkan. Semua orang ingin jadi nomor 1.

Maka, saat anda bernegosiasi dengan seseorang jadikan diri anda selalu kalah. Dahulukan kepentingannya. Saat anda sudah memberi rasa menang sendirinya makanan lezat hingga dia kekenyangan, tak perlu basa basi anda sudah mendapatkan apa yang anda inginkan bahkan tanpa anda minta..

3. Hindari Perdebatan
Ini ada kaitan dengan hukum sebelumnya. Jangan pernah berdebat walaupun anda benar-benar dalam posisi benar. Apalagi jika sama-sama meragukan.. hehehe.. Perdebatan hanya akan menambah musuh walaupun anda berhasil memenangkan pertempuran. Ingat hukum kedua, semua orang ingin “merasa” menang.

Biasanya saya menghindari perdebatan dengan mengatakan ini,”Mungkin anda benar walaupun menurut saya ini dan itu. ya, mungkin saya yang salah”.

Anehnya biasanya setelah ngomong gitu mereka malah setuju pendapat saya. hehehe.. Cuma seringkali mereka masih tetap teguh pada pendapatnya, tapi setidaknya perdebatan bisa dihentikan

4. Beri hadiah
Woww.. ini adalah senjata mematikan saat negosiasi. Hanya orang2 yang punya pendirian kokoh yang mampu menahan serangan ini. Tapi biasanya ketika 3 langkah diatas sudah anda jalankan, akan sangat sulit bagi mereka untuk menolak hadiah..



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar