Selasa, 26 April 2011

Yuk Naik Jabatan


Dalam pekerjaan, karir yang cemerlang adalah impian semua pekerja. Beragam cara dilakukan untuk bisa mendapatkan karir yang cemerlang di pekerjaan impian. Apa yang harus dilakukan agar kita bisa naik jabatan dengan cepat? Pertanyaan yang sebaiknya Anda tanyakan pada diri sendiri adalah mengapa Anda ingin naik jabatan dengan cepat? Tentu jawabannya bermacam-macam tergantung motif dibelakang keinginan tersebut. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk dapat naik jabatan dengan cepat.

#1. Perbaiki kinerja. Perbaikan kinerja diri tentu akan menarik perhatian dari pimpinan. Tanpa memperbaiki kinerja diri Anda, mustahil bisa mendapatkan kenaikan jabatan secara cepat. Anda boleh jadi merasa berada pada posisi yang tidak pas dengan jabatan sekarang. 

Anda harus mengetahui bahwa hanya ada dua jalan keluar dari jabatan sekarang yaitu mengundurkan diri (tentu bukan ini pilihan Anda) dan naik ke jabatan yang lebih baik. Atasan akan menuntut kemampuan lebih pada staf yang akan dinaikkan jabatannya. Jika Anda dianggap “overcapacity” di posisi saat ini, posisi yang lebih tinggi telah menanti.

#2. Paksa diri untuk bekerja lebih keras guna mencapai hasil yang lebih. Pencapaian yang lebih dari yang diharapkan akan menimbulkan penilaian tersendiri dari pimpinan. Sebagai staff yang bekerja sangat baik, tentu akan lebih produktif jika diposisikan di jabatan yang lebih menentukan untuk perusahaan.

#3. Tunjukkan kemampuan berpikir yang lebih baik dari waktu ke waktu. Posisi awal Anda boleh jadi hanya seorang staf operasional, akan tetapi jika Anda berhasil menunjukkan kemampuan berpikir, kemampuan analisa kasus, serta kemampuan mengambil keputusan cepat berdasar hasil analisa sendiri, maka hanya butuh waktu singkat untuk mencapa posisi manajerial, posisi yang menuntut kemampuan lebih. 

Posisi manajerial adalah posisi yang erat hubungannya dengan membuat konsep, menganalisa data serta membuat keputusan dan hanya orang dengan kemampuan khusus yang mampu melakukannya. Tips sukses ini sangat berguna untuk kemajuan karir kita.

#4. Tunjukkan kemampuan memimpin kita. Meskipun posisi awal di perusahaan hanya seorang staf, jika kita mampu menunjukkan kemampuan memimpin, maka pimpinan akan melihat potensi kita. Perlu diperhatikan, salah satu tips sukses menunjukkan kemampuan memimpin adalah bagaimana kita bisa mengorganisasi teman-teman kita agar mampu bekerja sama untuk membereskan segala tanggung jawab. Kepemimpinan akan nampak tanpa harus ditonjolkan. Mencoba menonjolkan kemampuan memimpin justru akan membuat Anda tampak over acting, berhati-hatilah!

Tentu, dengan melaksanakan semua tips sukses di atas, Anda berharap kenaikan jabatan dapat segera datang. Kenaikan jabatan tentu saja berkorelasi langsung dengan kenaikan gaji. Kenaikan gaji adalah hal yang sangat diinginkan oleh semua pekerja. Pada dasarnya, kenaikan gaji bukan satu-satunya faktor yang membuat seseorang ingin mendapat kenaikan jabatan. 

Kebanggaan meraih jabatan, serta berbagai tunjangan yang didapat dari perusahaan seperti tunjangan jabatan yang lebih tinggi, tunjangan keluarga, dan berbagai fasilitas seperti mobil dinas membuat orang sangat ingin meraih jabatan yang lebih tinggi, bagaimana dengan Anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar