Selasa, 26 April 2011

Sedang Mengembangkan Skill

Secara mendasar, pemimpin adalah seseorang yang mampu memimpin suatu kelompok dan membuat orang lain mengikuti langkahnya. Apakah yang membuat seseorang pantas menjadi pemimpin? Apa yang dapat Anda lakukan agar memiliki kriteria dan karakter seorang pemimpin? Jawabannya adalah pengembangan diri untuk melatih skill kepemimpinan.

Seorang pemimpin harus memiliki visi yang jelas akan tujuan yang ingin dicapai, manajemen diri yang baik, dan komitmen yang kuat. Mari kita lihat secara detil tiga hal tersebut, yang dapat membantu Anda mengembangkan skill kepemimpinan Anda!

VISI YANG JELAS
Seorang pemimpin yang memiliki visi yang jelas akan tujuan yang ingin dicapai adalah seorang pemimpin yang baik. Seorang pemimpin harus dapat melihat suatu permasalahan secara menyeluruh sehingga tujuan yang diinginkan dapat diraih dengan lancar. Apapun tujuannya, meningkatkan profit perusahaan, meningkatkan penjualan produk, atau memulai suatu usaha baru atau inovasi di tempat Anda bekerja, seorang pemimpin harus punya target yang jelas untuk menjalankan misinya.

Pemimpin harus selangkah lebih maju dalam menemukan sebuah solusi. Pemimpin harus inovatif dan cerdas dalam menyelesaikan masalah. Mereka harus menjadi orang-orang yang berpikir seperti Thomas Alfa Edison ketika ia ingin menciptakan bola lampu. Edison memiliki visi untuk menemukan alat yang bisa menerangi ruangan secara menyeluruh dan bukan berpikir hanya untuk menciptakan lilin yang lebih baik.

MANAJEMEN DIRI
Hanya visi yang jelas saja belum cukup untuk membuat seseorang pantas menjadi pemimpin. Yang membuat seorang pemimpin berbeda dari orang yang dipimpinnya adalah pemimpin mampu membawa diri, selalu selangkah di depan dan selalu dapat berpikir jernih dalam situasi yang kisruh. Semua itu dimulai dengan manajemen diri yang baik. Manajemen diri yang baik meliputi langkah-langkah berikut:

·         Memperbaharui pengetahuan yang berkaitan dengan masalah yang dihadapi.
·         Mampu bekerja dalam tim.
·         Berani berbuat, berani bertanggung jawab!
·         Selalu optimis dan melakukan usaha terbaik dalam setiap pekerjaan.
·         Mempertimbangkan dengan baik segala resiko dari solusi yang akan dilakukan 
·         Berpikir kritis dan jujur.

KOMITMEN YANG KUAT
Dalam melaksanakan visi dan misi untuk mengejar tujuan yang dicita-citakan pasti terdapat halangan atau aral yang melintang, baik yang kecil mau pun besar. Terkadang halangan-halangan ini rasanya sangat membuat frustasi hingga hampir seringkali Anda merasa ingin menyerah. Seorang pemimpin tidak boleh patah semangat! Di saat anggota tim terlihat putus asa, pemimpin harus menjadi orang yang tetap berpegang teguh pada visi yang telah ia tetapkan. 

Seorang pemimpin harus memiliki komitmen yang kuat demi kebaikan tim dan dirinya sendiri. Pemimpin adalah orang yang berani bermimpi, bermimpi untuk mewujudkan tujuan timnya. Dan mimpi itulah yang akan membuat pemimpin lebih mudah untuk optimis. Pemimpin yang baik tidak akan membiarkan misinya terbengkalai oleh apa pun atau siapa pun juga.

Dengan berpedoman pada tiga hal tersebut, maka skill kepemimpinan Anda akan berkembang dengan sendirinya ke arah yang lebih baik. Skill yang akan Anda peroleh sebagai pemimpin meliputi:

·         Kemampuan komunikasi dan negosiasi dengan berbagai macam karakter orang.
·         Motivasi diri dan mampu memotivasi orang lain yang bekerja dengan Anda.
·         Kemampuan perencanaan dan pengambilan keputusan yang bijaksana.

Ingatlah selalu pemimpin adalah orang yang berani bermimpi tapi tetap realistis, pandai membujuk (negosiasi) tapi tetap tegas, dan mengalir tapi tetap terarah. Sukses selalu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar